Helo Timor Leste

Lagu Queen `We Will Rock You` Dapat Bantu Mengobati Diabetes

Satwika Rumeksa - Hiburan
Rabu, 25 Oct 2023 16:18
    Bagikan  
We Will Rock You
Getty

We Will Rock You - Lagu legendaris Queen We Will Rock You sembuhkan kencing manis

HELOTIMORLESTE.COM - Lagu We Will Rock You dari grup rock Queen telah meningkatkan detak jantung stadion-stadion di seluruh dunia - namun kini lagu tersebut dapat digunakan untuk mengobati diabetes, demikian menurut sebuah penelitian.

Lagu ini membantu sel-sel yang telah direkayasa untuk melepaskan hormon insulin pengontrol gula darah, demikian temuan para peneliti Swiss.

Sel-sel tersebut melepaskan hampir 70 persen insulin pada tikus dalam waktu lima menit setelah lagu dimainkan.

Mereka melepaskan semuanya dalam waktu 15 menit - mirip dengan jumlah yang dikeluarkan oleh sel-sel pankreas yang sehat - dan sekarang para ahli merencanakan uji coba pada manusia.

Baca juga: Profesi Guru Ternyata Sering Selingkuh dengan Rekan Kerja

Profesor Martin Fusenegger, dari ETH Zurich, mengatakan: "Sel-sel perancang kami melepaskan insulin hanya jika sumber suara dengan suara yang tepat diputar langsung pada kulit di atas implan."

Lebih dari lima juta orang Inggris diperkirakan hidup dengan diabetes, dengan jumlah penderita yang meningkat dua kali lipat dalam 15 tahun terakhir.

NHS menghabiskan setidaknya £10 miliar per tahun untuk penyakit ini - sekitar 10 persen dari seluruh anggarannya.

Penyakit ini menyebabkan kadar gula darah menjadi terlalu tinggi karena adanya masalah pada cara tubuh memproduksi hormon insulin, yang memecah glukosa.

Banyak pasien diabetes harus menerima suntikan insulin untuk memastikan gula dimetabolisme dengan benar dalam darah.

Tetapi teknologi baru yang dipresentasikan dalam The Lancet Diabetes and Endocrinology ini menggunakan sel yang dirancang khusus yang dapat ditanamkan untuk melepaskan insulin sebagai gantinya.

Baca juga: Temuan Sesosok Mayat yang Sudah Jadi Tengkorak di Lokasi Wisata Kuburan Belanda Pemalang

Sel-sel penghasil insulin dimasukkan ke dalam kapsul yang ditanamkan ke dalam tubuh di bawah kulit.

Sel-sel tersebut sensitif terhadap gelombang suara, membuka untuk memungkinkan partikel kalsium yang beredar dalam darah dan melepaskan hormon sebagai respons terhadap musik.

Para peneliti mengujinya pada tikus, memainkan berbagai jenis musik dengan volume yang berbeda untuk melihat seberapa baik mereka bekerja.

We Will Rock You menghasilkan pelepasan insulin terbaik, sementara musik klasik menyebabkan pelepasan insulin namun tidak terlalu banyak.

Suara latar belakang seperti mesin pemotong rumput atau mobil pemadam kebakaran dan suara orang berbicara tidak memicu respons.

Profesor Fussenegger berkata: "Ini bisa memenuhi kebutuhan khas pasien diabetes yang makan tiga kali sehari.

"Tidak ada penipisan atau pelepasan yang tidak disengaja yang terjadi."**